Implementasi Komitmen 3

Biasanya saya suka terlalu cuek dengan apa yang orang lain lakukan, oleh sebab itu saya sering dianggap kurang perhatian terhadap orang lain. Jangankan memperhatikan orang lain, saya juga kurang perhatian pada diri sendiri, karena terlalu cuek dan menganggap sepele kesehatan hingga keteraturan dalam makan pun sering terabaikan sampai terkena penyakit Maag dan Tipes. Gara-gara sifat saya ini yang jelek, bukan hanya saya saja yang dirugikan tetapi orang di sekitar saya yaitu keluarga pun jadi kena dampaknya. Maka dari itu saya ingin merubah diri dengan mau mendengarkan kata orang lain, mereka lakukan itu karena mereka sayang.

Dengan menerapkan prinsip No. 24 “Akui kesalahan anda sendiri sebelum mengkritik kesalahan orang lain” yang sudah saya ceritakan diatas, saya ingin merubah sifat jelek Rae untuk mulai merubah cara pandangnya pada arti sebuah kata “Makan Teratur dan Waktu Istirahat”. Selanjutnya saya akan menerapkan prinsip No. 30 “Buatlah orang lain senang melakukan apa yang anda usulkan” yaitu dengan maksud tidak menggurui, saya akan memberi saran dengan sebuah bentuk perhatian.

Sebagai langkah pertama, saya akan melakukannya setiap kali kita berkomunikasi. Karena dia sedang menuntut ilmu di negeri orang jadi komunikasi kita hanya lewat telepon dan chatting saja. Meskipun dia bergelut di bidang kedokteran tetapi dia hanya sibuk mengurusi kesehatan orang lain dan belajar hingga kesehatan dirinya sendiri terlupakan dan sempat terkena Tipes. Setiap kali kita berkomunikasi saya selalu mengingatkanya supaya dia selalu makan teratur dan sempatkanlah waktu untuk istirahat yang cukup. Syukur Alhamdullilah, Rae pun sedikit demi sedikit mau merubah pola hidupnya, karena dia pun sadar kalau ini semua demi kebaikan dirinya sendiri.

v Himbauan : “ Sebelum memberi usulan kepada orang lain, lihatlah diri sendiri apakah

kita sudah benar dan hindari sikap menggurui. Dengan begitu orang lain

pun akan senang hati menerima usulan kita