Manfaat Ikut Pelatihan Character Building

Saya berpendapat kalau sebaiknya materi Character Building harus diperkenalkan sejak dini pada setiap pribadi. Setidaknya bisa diperkenalkan sejak awal pendidikan di tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama), karena sangat bermanfaat bagi generasi muda dalam pembentukan sebuah karakter. Di usia itu, dimana mereka sedang mengalami sebuah peralihan dari anak-anak menjadi remaja untuk mencari jati dirinya. Jika tidak diarahkan dengan benar, bisa-bisa mereka menjadi seorang pribadi yang salah dan terjerumus di dalam lingkungan yang salah pula. Jiwa yang muda sering kali rapuh dan sangat mudah terpengaruh lingkungan dimana mereka ada, karena mereka tidak mempunyai pondasi yang kuat dalam mempertahankan sikap.

Di usia muda itu pula mereka masih berpegang teguh dengan apa yang mereka lihat adalah sebagai sebuah hal yang baru untuk dicoba dan diikuti. Tidak sedikit pula, anak-anak yang melakukan tindakan amoral dan asusila dikarenakan faktor “coba-coba” dimana mereka hanya bisa menelan mentah-mentah apa yang mereka lihat dan serap. Tanpa adanya kemampuan dalam menyaring dan mempertimbangkan agar tahu akan dampak akibat yang ditimbulkan baik untuk mereka sendiri maupun orang lain.

Maka dari itu sangat diperlukan ilmu Character Building sebagai pondasi awal dalam menggali karakter kita dan mengenali diri sendiri. Dengan kita mampu mengenali diri sendiri akan karakter-karakter yang ada di dalam diri kita sejak dini, kita tidak akan mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar. Kita akan merasa kuat dan kokoh dalam mempertahankan sikap dan jati diri kita. “Be Your Self….!!!”