Banyak Pacar, 1 Kekasih


Aku tahu perasaan hesa, yang ditinggal pergi untuk selamanya oleh adel. Cinta mereka terpisah oleh maut, sebenarnya kisah cinta mereka lebih baik dibanding aku. Karena bagi adel, hesa adalah cinta pertamanya dan menjadi cinta terakhirnya pula. Sungguh bahagia hati adel, cita-cita masa kecilnya yang pernah diharapkan terkabul juga. Keinginannya untuk memiliki hanya satu cinta yang abadi telah didapatkannya, meski tragis jalannya.

Adel dan hesa sebenarnya sudah mengenal sejak mereka kecil. Tapi perasaan itu datang setelah mereka dewasa. Dulu aku benci sekali sama hesa, dia cowok playboy yang sejak mereka sama-sama SMA dan terkenal punya banyak pacar. Aku sempat tidak setuju saat adel bilang kalau dia jatuh cinta pada seseorang yang tak lain adalah hesa. Saat adel bercerita kalau peretemuan itu terjadi di tempat makan yang tidak pernah disengaja sebelumnya.

Menurut cerita adel kalau tiba-tiba adel diminta untuk menjadi tunangan hesa dan dia pun melingkarkan cincin di jari manis adel. Buat adel ini kejutan yang nggak masuk akal karena mereka baru kenal dekat sekitar satu bulan belum sebagai pacar, dikira adel ini bagian dari permainan hesa untuk memikat hati cewek. Adel pun tidak tahu sudah berapa banyak mantan yang hesa punya karena setiap adel ingin tahu, hesa selalu menghindar untuk menjawabnya. Hati adel pun luluh, meski hesa terkenal buruk di luar sana karena rasa cinta adel pada hesa semua kenyataan telah terbutakan. Adel akhirnya menerima pertunangan itu denga syarat yang dia berikan pada hesa, yaitu pertama, adel ingin hidup hesa jadi rapi karena selama ini dia selalu berantakan dalam menata hidupnya. Kedua, adel ingin mengetahui berapa banyak mantan yang hesa punya. Syarat pertama pun hesa terima dan dia secara perlahan-lahan mulai menjalani hidup dengan rapi. Tapi syarat kedua dia tidak mampu untuk memenuhinya. Disitulah awal pertengkaran mereka dimulai. Alasan hesa itu tidak penting, itu semua bagian dari masa lalu dan nggak perlu untuk diungkit lagi, karena hesa ingin lebih focus dan memikirkan masa depan bersama adel. Sebaliknya, buat adel masa lalu itu penting karena itu cara ingin tahu seberapa kita kenal dia. Hesa pun emosi, dia mengganggap adel egois dan kenapa cuma dia yang boleh minta syarat sedangkan aku tidak diizinkan untuk mengajukan syarat. Karena mereka sama-sama berkarakter keras kepala, akhirnya adel mengambil keputusan untuk meninggalkan hesa meski berat rasanya. Dari kejadian itulah, kecelakaan mobil yang tidak seberapa dan secara perlahan mengambil nyawa adel itu terjadi. Selama berbulan-bulan mereka menjalani hidup masing-masing, hingga batin mereka berdua tersiksa karena ke-egois-an mereka sendiri. Hidup hesa yang sudah mulai tertata rapi mulai kembali ke awalnya lagi, berantakan, kacau tapi dia tetap setia menanti adel datang padanya.

Hingga masalah mereka belum terselasaikan, adel pun terpaksa dipanggil Tuhan. Disitu hesa sangat menyesal karena sebenarnya dia ingin memenuhi syarat kedua itu saat ulang tahun adel di tanggal 09 maret 2010 menjadikannya kado di ulang tahunnya. Tapi semuanya sudah terlambat dan waktu tidak dapat diputar kembali. Hanya meninggalkan penyesalan.

Di pemakaman itu hesa bercerita padaku tentang perasaan dia sebenarnya terhadap adel. Mungkin selama ini aku jahat terhadap semua cewek, aku melakukannya karena aku benci terhadap papa aku yang sudah meninggalkan mama semenjak aku masih kecil. Aku jadi seperti ini karena kebencian aku dengan papa. Hati mama terluka ketika tahu kalau dikhianati oleh laki-laki yang selama ini dia cintai. Makanya aku ingin balas dendam dengan mempermainkan cewek-cewek itu. Cewek yang hanya mementingkan dirinya sendiri demi kesenangan semata, cewek yang nggak punya harga diri dan rela melakukan apapun demi mendapatkan keinginannya. Sejak bertemu dengan adel pertama kalinya aku merasa lain, tidak seperti yang kurasakan sebelumnya. Karena keyakinan itulah aku nekat untuk menganjaknya bertunangan, meski belum lama kita saling mengenal. Adel memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh cewek-cewek yang pernah aku pacari sebelumnya. Dia cewek yang sudah berani memutuskan aku dan mampu merubah hidup aku ke yang lebih baik. Karena selama ini selalu aku yang memutuskan cewek saat aku sudah bosan dengan dia. Aku tidak bisa menceritakan masa lalu aku ini karena aku takut adel benci dan meninggalkan aku. Dia satu-satunya cewek yang bisa membuatku takut akan kehilangan seseorang. Aku sudah terlambat untuk mengatakan ini semua pada adel. Dan adel telah meninggalkan aku untuk selamanya dan tak akan pernah kembali.

Air mata hesa pun jatuh, melihat itu semua anggapan aku tentang hesa yang buruk telah berubah. Ternyata adel tidak salah pilih, dia benar memilih hesa karena hesalah yang mampu memberikan cinta sejati di akhir hidupnya. Aku yakin dengan apa yang dikatakan hesa tadi, adel mendengarnya dan aku harap itu semua akan membuat adel tenang di alam sana. Aku bisa merasakan bahwa adel pergi dengan senyuman dan cinta dari orang-orang yang menyayanginya.