Women's Disease-Prone

Satu hal yang membedakan kita dengan para cowok adalah fisik. Mulai dari anatomi, hormon sampai struktur otak yang kaitannya jadi bikin kita lebih rentan terkena beberapa penyakit. Apa aja dan bagaimana cara mencegahnya?
Check it out and always aware yaa. . . . .




DEPRESI

Depresi didefinisikan sebagai perasaan sedih, pesimis, kehilangan minat umum dalam hidup, ditambah berkurangnya kesehatan emosional. Pokoknya hopeless banget dech!
Ada dua jenis depresi, yaitu :
1.Depresi Dinamik, yang diekspresikan dengan “mengeluarkan” kekalutan dalam diri kita.
2.Depresi Magnetik, yaitu “memendam” rasa sedih kita.
Laki-laki lebih besar kemungkinannya mengalami depresi dinamik dan perempuan lebih besar mengalami depresi magnetik. Hal ini karena pria memiliki grey matter (otak kecerdasan) 6,5 lebih besar disbanding perempuan. Ketika menghadapi suatu masalah atau tekanan psikologis, otak pria dan perempuan merespon dengan cara yang berbeda. Dengan grey matter yang mereka miliki para pria lebih tahan menghadapi stress dan depresi; menggunakan logikanya untuk “memetakan” masalah yang ada. Sementara perempuan cenderung memendam rasa sakit, menyalahkan diri sendiri dan menarik diri ke dalam kesedihan berlarut-larut.
Gejala-gejala depresi antar lain : sakit kepala, nyeri punggung, susah tidur (insomnia berkala), nggak nafsu makan, nyeri sendi dan masalah dalam pencernaan.
Cara-cara menghindari depresi diantaranya adalah : olahraga, share your problem with your friends, be humorous and easy going, dan berusaha menyibukkan diri agar nggak mikirin masalah secara berlebihan.




MIGREN

Migren adalah sakit atau nyeri kepala unilateral (sebelah kepala) secara berulang dan disertai gejala mual, muntah, gangguan mood atau emosional dan terkait dengan genetik. Penyakit ini ada dua jenis, yaitu migren umum dan migren klasik. Migren umum hanya berupa sakit kepala sebelah aja tanpa disertai gejala lain. Sementara migren klasik biasanya diawali dengan keluhan gangguan penglihatan di salah satu mata berupa terlihatnya titik-titik atau garis bergelombang mengambang. Gangguan tersebut biasanya berlangsung 5 menit sampai 1 jam sebelum migren muncul.
Kebanyakan faktor pemicu migren ini adalah keadaan psikis seseorang. Nggak heran kalau migren lebih sering menyerang perempuan yang cenderung lebih sensitif disbanding pria. Munculnya migren itu bisa dipicu oleh beberapa hal seperti kelelahan, terlalu banyak tidur, perubahan tekanan udara, berada di tempat yang tinggi (naik gunung atau pesawat), kondisi stress, minuman berkafein/alcohol dan nikotin dari rokok. Jadi hindari hal-hal tersebut supaya kamu nggak keserang migren.


ANEMIA

Anemia atau penyakit kurangnya sel darah merah sering dianggap tidak berbahaya karena ditahap yang ringan anemia nggak menimbulkan gangguan yang berarti. Kenyataannya, jika penyakit ini dibiarkan bisa menyebabkan gagal jantung dan mengurangi kualitas hidup yang berujung pada kematian lho! Penyakit yang ditandai dengan rasa pusing, kurangnya nafsu makan, dan wajah pucat ini lebih banyak menyerang perempuan dibanding pria. Kadar hemoglobin (protein dalam sel darah merah) perempuan kan lebih rendah dari pria. Apalagi perempuan juga mengalami haid dan melahirkan. Diet berlebihan juga bisa jadi penyebab anemia.
Di Indonesia, anemia umumnya terjadi karena kekurangan zat besi yang berfungsi membentuk sel darah merah. Lalu, sel darah merah akan mengangkut oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh tubuh, serta membantu proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Jadi, jika tubuh kekurangan asupan zat besi, maka sel darah merah juga akan berkurang. Tubuh pun akan kekurangan oksigen. Karena resiko terkena anemia itu nggak ada batasan usia (dari bayi sampai lansia bisa kena penyakit ini), kita mesti melakukan pencegahan dengan cara : minum air putih minimal 8 gelas sehari dan perbanyak makanan kaya zat besi (daging merah, hati, keju, ikan, sayuran warna hijau tua dan kacang-kacangan). Tapi hati-hati ya, beberapa makanan kaya zat besi juga memiliki kandungan kolestrol yang cukup tinggi. Oh iya, the, kopi, coklat dan susu bisa menghalangi penyerapan zat besi dalam tubuh. Makanya lebih baik konsumsi minimum itu antara 1,5 -2 jam setelah makan.