Harus Bagaimana?

Tuhan kenapa setiap aku yakin pada suatu hal selalu tidak pernah berujung dengan sebuah kepastian. Tapi dikala aku nggak yakin akan hal itu, tak disangka menjadi sebuah peta arah yang harus aku lalui. Apa sebuah takdir bisa diubah garisnya oleh sebuah keyakinan dan harapan yang terurai dalam hati dan air mata ini? Kalaupun bisa, kenapa aku merasa dipersulit untuk meraih keyakinan-ku itu. Kadang ada jalan tapi setelah aku lalui ternyata jalan itu terputus dan berakhir dengan jurang kesedihan. Kalaupun aku harus berbalik arah apakah itu akan menjadi baik buat aku, meski aku terpaksa memilih jalan itu karena sudah tidak ada jalan yang lebih baik daripada harus nekat terjun ke jurang itu. Sungguh aku dibuat bingung diantara harapan dan kenyataan yang selalu bertolak belakang bagai dua mata sisi uang logam yang tak pernah bisa bertemu.


Aku harus bagaimana?