Put A ‘Lil Humor In Your Life

Your sense of humor is one of the most powerfull tools you have to make certain that your daily mood and emotional state support good health” - Paul E. McGhee, Ph.D. –


Saat kita memasukkan sedikit unsure humor dan tawa dalam hidup, sadar atau nggak hal tersebut juga memicu perubahan fisik yang sehat dalam tubuh. Dengan tertawa, kita bukan hanya jadi senang dan mood jadi naik, tapi tawa juga memperkuat system kekebalan tubuh, meningkatkan energy, mengurangi rasa sakit, dan melindungi tubuh kita dari kerusakan yang ditimbulkan oleh stress. Betul-betul obat mujarab yang ampuh, mudah dilakukan dan nggak perlu bayar, hihihihi ! Makanya, kalau mau sehat dan nggak gampang stress, harus banyak-banyak ketawa.
Menenangkan diri atau merilekskan dari segala permasalahan bisa menjadi obat penawar yang kuat untuk menghadapi stress, sakit, dan segala macam konflik yang lagi kita hadapi. Humor mencerahkan beban, mengilhami harapan, menghubungkan kita ke orang lain, bahkan ke orang yang kita belum atau baru kenal dan membuat kita lebih “membumi”.
Secara medis, ada alas an kenapa tawa merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan tiap hari :
1.It will make your whole body relax
Selama berates-ratus tahun telah diakui bahwa, tertawa merupakan “mesin terbaik” untuk kesehatan. Penelitian secara medis menunjukkan banyak banget pengaruh dan keuntungan psikologis dari tawa. Menurut penelitian, humor dengan mudah akan “mengobati” sakit, tekanan hidup sehari-hari, stress atau pekerjaan. Dengan ketawa, kita bisa merelaksasikan seluruh bagian tubuh. Tawa juga bisa meringankan rasa khawatir lho! Karena ternyata secara fisik, seseorang nggak bisa tertawa dan merasa takut secara bersamaan! Selain itu, tawa juga mengecilkan sumber dan ukuran rasa takut hingga membantu melepaskan emosi dan ketegangan. Biasanya nech, saat seseorang marah, takut, sedih, stress atau bosan, orang itu akan lebih sering menyimpan emosi-emosi itu daripada mengeluarkannya.
Nah ketawa, merupakan cara lain untuk menemukan jalan keluar dari ketegangan.

2.It boosts your immune system
Relaksasi dengan tertawa terbukti bisa mengurangi hormone stress dan juga meningkatkan antibody atau sel-sel kekebalan tubuh hingga meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit.

3.It triggers the release of endorphins
Tawa adalah obat alami (yang gratis) dari dalam tubuh kita sendiri. Soalnya tertawa adalah prose salami yang bisa mengurangi rasa sakit, baik secara fisik maupun emosional. And do you know? Tawa ternyata melepaskan endorphin kuat yang jumlahnya setara sama morphin lho!

4.It protects your heart
Tertawa bisa meningkatkan fungsi pembuluh dara dan oksigen dalam darah yang bisa membantu pernapasan. Kita jadi terlindung dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

5.It boosts your productivity
Dengan sering tertawa, kita jadi lebih kreatif dan mampu memecahkan masalah. Kita bisa bekerja lebih keras, tetapi tetap merasa nyaman hingga produktivitas pun ikutan meningkat.